Menu
Yayasan Yatim Piatu Dhuafa, Sosial, Agama, Kemanusiaan

TAHUN BARU HIJRIYAH 1 MUHARRAM

Jul
02
2024
by : esaqolbu. Posted in : Uncategorized

Tahun Baru Hijriyah, juga dikenal sebagai Tahun Baru Islam, menandai awal tahun baru dalam kalender Islam. Kalender Hijriyah adalah kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam tahun yang terdiri dari 354 atau 355 hari. Tahun baru ini dirayakan pada tanggal 1 Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriyah.

Sejarah Tahun Baru Hijriyah

Kalender Hijriyah dimulai dari tahun 622 Masehi, tahun di mana Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya berhijrah (berpindah) dari Mekah ke Madinah. Peristiwa ini dikenal sebagai Hijrah dan menandai awal era baru dalam sejarah Islam. Kalender ini dirancang oleh Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 638 Masehi, sekitar 16 tahun setelah peristiwa Hijrah.

Makna Tahun Baru Hijriyah

Tahun Baru Hijriyah bukan hanya sekadar peringatan awal tahun dalam kalender Islam, tetapi juga memiliki makna spiritual yang dalam. Hijrah sendiri berarti perpindahan atau migrasi, dan peristiwa ini melambangkan perjuangan, pengorbanan, dan perubahan menuju kebaikan. Bagi umat Islam, Tahun Baru Hijriyah adalah momen untuk refleksi diri, introspeksi, dan memperbarui komitmen untuk menjalankan ajaran Islam dengan lebih baik.

Tradisi dan Perayaan

Tahun Baru Hijriyah tidak dirayakan dengan cara yang sama seperti Tahun Baru Masehi yang penuh dengan kemeriahan dan pesta. Sebaliknya, perayaannya lebih bersifat spiritual dan religius. Berikut beberapa tradisi yang umum dilakukan oleh umat Islam dalam menyambut Tahun Baru Hijriyah:

  1. Doa dan Dzikir: Umat Islam biasanya berkumpul untuk berdoa dan berdzikir, memohon keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT untuk tahun yang akan datang.
  2. Puasa Sunnah: Beberapa umat Islam memilih untuk berpuasa pada hari pertama Muharram sebagai bentuk ibadah dan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  3. Kajian dan Ceramah: Di banyak masjid dan lembaga pendidikan Islam, diadakan kajian dan ceramah yang membahas tentang makna Hijrah dan pentingnya Tahun Baru Hijriyah dalam konteks sejarah dan ajaran Islam.
  4. Berbagi dengan Sesama: Beberapa komunitas Muslim memanfaatkan momen Tahun Baru Hijriyah untuk berbagi dengan sesama, khususnya membantu kaum dhuafa dan yatim piatu.

Refleksi dan Pembelajaran

Hijrah Nabi Muhammad SAW bukan hanya sekadar peristiwa fisik, tetapi juga simbol perubahan dan transformasi dalam kehidupan seseorang. Dalam konteks modern, Tahun Baru Hijriyah dapat menjadi momen untuk:

  • Menilai kembali perjalanan spiritual dan moral selama setahun terakhir.
  • Menyusun resolusi untuk meningkatkan kualitas ibadah dan kehidupan sehari-hari.
  • Menguatkan tekad untuk meninggalkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik.

Penutup

Tahun Baru Hijriyah adalah saat yang tepat untuk mengingat kembali nilai-nilai penting dalam ajaran Islam, seperti keteguhan iman, kesabaran, dan pengorbanan. Melalui refleksi dan ibadah, umat Islam dapat memulai tahun baru dengan semangat dan tekad yang lebih kuat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah SWT.

artikel lainnya TAHUN BARU HIJRIYAH 1 MUHARRAM

Saturday 18 March 2023 | Uncategorized

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh* Alhamdulillah Acara Do’a bersama Santunan uang Saku adik-adik Yatim dan dhu’afa di YESQO…

Thursday 26 November 2020 | Uncategorized

Santunan

Tuesday 27 June 2023 | Uncategorized

ﺑِﺴْﻢِاللّٰهﺍﻟﺮَّﺣْﻤٰﻦِﺍﻟﺮَّﺣِﻴْﻢ صباح الخير…. 🕋 J U M’ A T 💎 04 Dzulhijjah 1444 H 🌹 23…

Saturday 31 December 2022 | Doa Akhir dan Awal Tahun, Uncategorized

Assalamu’alaikum warahmatullahi Wabarokatuh Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, Do’a bersama dan Santunan Kamis, 29 Desember…

JL Lapangan No 58 Rt 006 Rw 010, Kranji Bekasi Barat, Kota Bekasi Jawa Barat 17135
0813 1517 2374
0813 1517 2374
esaqolbu@gmail.com